Selasa, 02 April 2013

LIKE A CINEMA (Bagaimana aku mengenal Islam)

Diposting oleh ♥yusi-chan♥ di 19.20

          Kedua orang tuaku adalah pasangan yang sangat luar biasa. Mereka dapat bersatu dalam keyakinan yang berbeda. Mamaku pure, dia muslim yang solehah. Namun, aku engga tau kenapa dia bisa menjatuhkan hatinya kepada Ayahku yang sangat berpegang teguh dengan keyakinan keluarganya, Kristen Advent.

            Keempat kakakku memeluk agama ayahku, karena suatu keharusan. Aku engga tahu apa yang ada dipikiran Mamaku. Kenapa dia begitu mengalah, memberi kebebasan dalam keyakinan (katanya). Toh, pada akhirnya Ayah mengintimidasi anak-anaknya untuk memeluk keyakinan yang sama. Pada akhirnya aku lahir, subuh menjelang Sholat Idul Fitri 24 September 1991 (kadang aku gak yakin itu tanggal lahirku yang benar). Mama dan Nenek (Ibunya mamaku) mengusulkan nama untukku yang berhubungan dengan Idul Fitri. Pokoknya yang ada Fitri, suci atau apalah itu. Tapi, ayahku bersih keras memberi nama atas saran pendeta dari Gerejanya. Kembali lagi, Mama dan Nenekku harus mengalah. Sepertinya Nenek kesal, dan pulang kerumahnya sendiri tanpa melihat aku. Akhirnya aku di baptis dengan nama ‘Valencia Magnus Koesnadi’ yang artinya pengibadat yang agung milik Koesnadi (marga ayahku) atau Kemungkinan yang agung.

            Sejak kecil aku sering sekali sakit-sakitan walaupun aku bisa berjalan dengan usia yang lebih cepat dari bayi yang lain, 8 bulan aku udah bisa berjalan tanpa merangkak. Ayahku geram, kenapa aku selalu sakit. Tapi kata Mama, bukankah bayi memang rentan sakit. Nah, saatnya nenekku beraksi, “mungkin dia gak cocok sama nama yang dikasih pendeta itu, makanya dia sakit-sakitan. Sekali ini aja, ganti nama anakmu dengan nama yang menyentuh islam. Berikan sedikit kesempatan untuk istrimu, agar dari keturunan anakku ada yang berkeyakinan sepertiku.” Ayahku Cuma diam, dan akhirnya aku diberi nama Nenekku Fitri Koesnadi. Ayahku engga setuju, “cobalah untuk diMix, ini tugasku sebagai kepala rumah tangga.” Akhirnya aku dikasih nama ‘Vitri Tjeandra Koesnadi’ aku ga tau pasti nama itu artinya apa. Intinya aku lahir pas malem takbiran idul fitri, gitu doang.

            Perbedaan aku dengan kakak-kakakku, pendidikan agama kristen sangat diwajibkan oleh ayahku. Dia berharap aku dapat aktif di gereja advent, minimal pelayanan gereja dan paduan suara (padahal suaraku engga terlalu bagus).

            Aku sangat mengagumi orang tuaku dari kecil, kami bahagia. Ayah bekerja sebagai salah satu kepala bagian di Bea dan cukai  Surabaya. Materi kami sangat mencukupi. Tapi aku bukan anak manja, aku selalu diajari Mama untuk dapat nyelesain apapun sebisa mungkin. “ Jangan gampang nyuruh-nyuruh orang selama kamu bisa ngerjain sendiri.” Mama juga kadang mengajariku cara membaca Alquran, kalo ayah ga ada dirumah. Jadi, walaupun aku advent aku bisa hafal huruf Hijaiyah. Atau mengeja ayat-ayat alquran. Pernah aku ga sengaja nyimpan ‘IQRA’ ditumpukan buku meja belajarku. Eh, ketahuan ayah akhirnya dibakar. Haha...

            Kadang aku kesal sama Mama dan ayah, mereka selalu manjain kakak laki-lakiku yang terakhir. Oiya aku lupa, jadi aku punya 4 kakak dan 1 adek. Yang pertama kakak perempuanku, aku sayang banget sama dia namanya Juaniarti Magnus Koesnadi. Terus kakak laki-lakiku Xaferius Halim, Dante Edo Affandi, Hexa Magnus Koesnadi, terus aku dan yang terkahir adik perempuanku, Florentina Alfa Koesnadi. Jadi 6 bersaudara. Nah, mama dan ayahku itu suka manjain yang Hexa itu. Minta ini itu selalu diturutin padahal sekolahnya gak pernah bagus. Sampai-sampai kata nenek, dulu aku pernah hampir di tabrak truk gara-gara dia. (gak tau persis ceritanya kayak gimana), pokoknya feelingku buruk banget sama kakakku yang satu itu. Fixnya, semua anak-anak ayah dan mama beragama Kristen (miris banget).

            Aku inget waktu itu aku kelas 6 SD di SD kristen St. Maria, pas hari Jumat dapet lomba gerak jalan 17 agustusan. Semua anak di dampingin sama orangtuanya, tapi aku cuma dititipin ke guru lantaran Mama mau nemenin ko Hexa jalan-jalan dia pengen beli sepatu baru. Aku kesal, itu kan bisa dilakuin kapan aja. Sementara aku lomba, cuma sekali aja. Tapi ya udah, gakpapa lagian ada guru yang ngedampingin aku. Makin kesel, soalnya aku ga dijemput padahal aku nunggu sampe magrib akhirnya aku dibarengin sama orang tuanya temen. Nyampe rumah aku gondok, dikamar aja gak keluar-keluar. Tapi besoknya langsung minta maaf ke Mama, “maaf ya ma, aku kemaren gondok.” “ya, mama juga minta maaf. Mama ga sengaja. Kakakmu sampe malem jalan-jalannya.” Aku cuma diem, ngalah aja.

            Dua hari selanjutnya, hari Minggu, 11 Agustus 2011. Mamaku kena sakit jantung dan meninggal. Aku ga tau kenapa semua begitu cepat. Rasanya kebahagiaanku kerenggut begitu aja. Nangis, pasti apalagi adekku masih kecil, 2 tahun dibawahku. ‘Benarkah aku ini piatu? Tapi, aku janji akan jadi anak yang pinter yang berguna, biar Mama bangga walupun mama udah ga ada. Kak Juni selalu bilang, “ tenang, aku bisa ngegantiin mama. Jangan nangis lagi, dek!”.

***

            Beberapa bulan kemudian, ayahku sama adekku pergi. Dan gak pernah kembali. Aku satu sekolah sama adekku, dia kelas 4 dan aku kelas 6 SD. Tiap hari aku nungguin dia disekolah, tapi gak pernah muncul. Aku khawatir mereka kenapa-kenapa dijalan. Hampir gak ada berita mereka pergi kemana.

            Sekarang aku tinggal sama Kak Juni, dan ko Hexa. Sementara 2 kakak laki-laki yang lain sibuk sama usaha dan kuliah. Hidup kami langsung berubah, jadi sangat sederhana. Kak Juni hanya seorang PNS, dan penghasilannya harus berbagi dengan biaya sekolahku dan sekolah si somplak ( ko hexa). Aku lulus SD, dan masuk SMP negeri favorit, sementara si somplak yang lulus SMP gak mau ngelanjutin sekolah. Ini bikin kakakku tambah pusing.  Padahal kak Juni juga manjain tu orang. Kalo ke aku selalu bilang, “ dede sabar ya, ntar pasti kakak beliin.” Selalu si somplak yang diduluin. Yaudah gakpapa, mau gimana lagi. Akhirnya pas SMP aku buka usaha, ‘ngerjain PR temen’ terus dibayarin. (jangan dicontek ya, ga baik). Tapi lumayan itung-itung aku bisa nabung. Daripada musti minta-minta ke kakak. Aku tau dia udah pusing sama masalah si somplak yang milih jadi berandal di jalan dari pada sekolah. Aku malu punya kakak kayak somplak, dia bisanya ngerepotin. Dari maling sampe pake narkotik dia lakonin. Aku bener-bener malu ngakuin dia kakak. Makanya tiap pulang sekolah lewat perempatan, aku langsung jalan cepet. Liat mukanya aja males. Ngabangsatin banget punya kakak kayak dia.

            Aku musti bisa bikin kakak sama Mama bangga, nilai akademikku harus bagus. Musti ranking satu, aku selalu keras sama diri aku sendiri “Bodoh, kau ini bukan siapa-siapa, belajarlah dengan tekun. Tunjukkin keorang-orang, ketemen-temen kalo kamu walopun gan punya orang tua. Kamu bisa jadi yang terbaik.” Itulah yang bikin aku juara kelas mulu. Waktu SMP aktivitas aku pagi udah bantu kakak, terus sekolah pulang siang jam 1, jam 1 siang aku gunain buat belajar semaksimal mungkin, kadang sampai tidur jam 1 malem hanya untuk membaca-baca dan ngerjain soal-soal matematika. Aku sering banget tidur malem cuma buat belajar. Pokoknya tiap hari isinya belajar mulu, tapi terkadang pas hari libur kakak ngajak aku keluar walaupun cuma belanja dipasar (swt). ~.~

            Meskipun SMP kegiatanku padat, intinya aku gak mau jadi orang yang gak berguna kayak si somplak. Aku suka karate, dari SMP ikut les karate (itu juga dari tabunganku) aku selalu nabung untuk bayar les karate. Cita-citaku pengen bisa ngehajar laki-laki yang suka nindas cewek. Huuuu... (cita-cita yang aneh yaa..). Jadi waktu dulu, kalo ada anak laki-laki yang nakal/kurang ajar tinggal aku kasih sothokan Heidan Shodan udah ga berkutik itu orang. Haha... Anehnya walaupun aak sedikit tomboy, aku suka dance. Bahkan ikut club cheersleader (ini menyedihkan). Soalnya aku ditaruh bagian paling TOP (ujung) pas piramid, kayak nyerahin idup gitu aja klo pas lompat.
            3 tahun, akhirnya aku lulus SMP dan aku masuk SMA Negeri juga. Tu si somplak masih aja jadi sampah masyarakat. Aku gak pernah tahu rasanya punya kakak cowok, perasaan kalo liat temen-temen kayaknya asik punya kakak cowok. Bisa ngelindungin adeknya. Tapi aku engga. Mereka sibuk sama hidup mereka masing-masing. Apa hatinya ada NERAKAnya? Sedetikpun aku gak ada dalam pikiran mereka. Untungnya aku punya pacar yang baik hati (pernah ku post beberapa waktu lalu).

            Pas SMA banyak banget tugas bikin makalah dan harus diketik pake komputer (waktu itu komputer termasuk barang yang agak mewah ya). Tapi aku bersih keras ngumpulin tabungan buat beli komputer. Sisany ditambahin kak Juni. Aku seneng, akhirnya sekrang aku gampang ngerjain tugas. Gak musti balik-balik ke warnet buat ngerjain tugas. Sambil sedikit-sedikit belajar berantem sama keyboard. Biasalah kalo punya barang baru pasti KEPO banget kan. Dicoba-cobain mulu.

            Hari minggu tanggal 10 Juni 2007, aku sibuk ngerjain tugas makalahku yang dikumpulin hari Rabu. Sampai larut malem, akhirnya kak Juni nyuruh aku buat tidur. “Udahlah, de. Diselesein aja besok lagi. Kakak bantuin deh. Istirahat dulu sana.” Besok paginya aku ingetin kak Juni, “ bener ya kak, ntar pulang kerja kakak bantuin aku ngerjain PR.” Dia ngangguk sambil senyum.

            Sorenya aku nunggu kak Juni. Hampir magrib kenapa gak pulang-pulang. Setengah jam kemudian ada orang kantor yang telpon, katanya kak Juni kecelakaan dan langsung meninggal di TKP. Aku ga mampun ngutarain gimana rasanya waktu itu. Sakit, pasti. Kenapa aku selalu kehilangan orang yang aku sayangi? Entah! Baru saja aku memulai kebahagiaan, aku harus berduka lagi. Ada lelaki yang baik disamping aku yang selalu ngajagain aku, Ko Hendrik. Mirisnya dia ngalamin hal yang sama, kecelakaan kayak kak Juni. Berselang beberapa minggu aja. KENAPA SIH? APA AKU INI DIKUTUK YA? SETIAP AKU BERGANTUNG SAMA SESUATU, SESUATU ITU LANGSUNG PERGI BEGITU CEPAT. TUHAN KENAPA SENSITIF AMAT SAMA AKU? Nah itulah pertanyaan-pertanyaan yang ngelontar di pikiran aku. Pikiranku jadi buruk sama Tuhan. Tapi hanya beberapa saat, aku langsung mengimani lagi.

            Kejadian itu bikin aku tambah deket sama Tuhan. Aku jadi semakin aktif ikut kegiatan gereja, pelayanan gereja dan sebagainya. Bahkan waktu SMA aku berhasil mengkristenkan hampir 80 orang, yang semula dia Islam, Hindu dan sebagainya, aku ajak dia untuk mengimani Yesus (terkutuklah aku).

            Sepeninggal kak Juni, aku tinggal sama nenek, bude sama sepupuku. Nenek sangat benci sama aku, karena aku kristen dan dia Islam. Tapi Nenek selalu manjain sepupuku, Dea, padahal dia pemalas, gak pernah bantu apa-apa. Biasanya minta duit, sekolah juga bodoh banget dia. Gak pernah dapet ranking.  Padahal setiap hari aku yang nyiapin makanan buat nenek, nyiapin air hangat buat dia mandi, dan ngerjain pekerjaan rumah lainnya. Aku juga ngebantu cari uang, padahal aku masih sekolah. Aku jadi guru les privat anak-anak SD, SMP bahkan SMA. Aku pikir lumayan buat bayar sekolahku, dan beli buku, sekaligus buat nambah-nambahin uang makan, aku ga mau jadi benalu, cuma numpang gratis. Ko Xafe meskipun udah jadi orang sukses dia gak pernah mikirin aku terlalu banyak. Dia ngasih duit seinget dia aja, apalagi istrinya galak. Aku gak perlu ngarepin dikasih dia. Sedangkan ko dante, dia itu idupnya pas-pasan gak mungkin aku repotin. Kalo si somplakl, tetep jadi sampah, apa yang musti aku harepin. aku pasti bisa ngebiayain hidup aku sendiri meskipun usiaku gak mateng-mateng banget.

            Disekolah, smeua juga gak terlalu baik-baik aja. Aku punya temen yang jahat banget, aku ga tau kenapa dia kayak gitu. Namany Feby. Gak cantik-cantik amat, biasa aja. BODOH lagi. Tapi emang dia kaya. Dia itu suka ngolok-ngolokin temen-temenku. Dia iri sama temen-temen belajarku soalnya pada pinter. Si shining, temen sebangkuku sering banget jadi bulan-bulanan dia. Tapi anehnya, shining sabar. Dia ga pernah bales kelakuannya si Feby. Tapi kalo ketahuan aku, pasti udah kuremet-remet tu si Feby. Pernah aku nyekek dia, sama narik kerah dia sampe sobek. Dia kurang ajar banget, masa Prnya si shining di rampasin terus shiningnya di cakarin. Parah deh, shining juga ga pernah laporin ke guru BP. Swt banget.

***
            Sampe suatu saat pas pengambilan raport kelas 2 SMA. Aku mohon dengan sangat biar ko Xafe mau ngambilin raport aku. Tapi dia kayak enggan-enggan gimana gitu. Aku tahu dia sibuk, tapi ini gak sampe 30 menit. Susah emang kalo gak punya orang tua, gak ada yang ambilin raport. Masa sih aku musti sewa tukang becak buat pura-pura jadi bapakku buat ngambilin raport doang ~.~ maksudku kenapa guruku juga gak pengertian amat (ini payah). Raport harus diambil orangtua atau walinya. Aturan dari mana!!!!!

            Aku nunggu udah setengah jam, pengambilan raport udah dimulai. Wali kelas ngumumin nama-nama juara kelas dari ranking 1 sampe 3. Kayak biasa aku ranking 1. Pas ngumumin, ada seorang wali murid yang datang. Mukanya gak asing banget buat aku. Bener, dia ayahku yang menghilang itu. Lebih SHOCK lagi ternyata dia ngambilin raportnya si Feby. TERNYATA AYAHKU AYAH TIRINYA si FEBY. Swt banget kan, ini hati berapa kali si dibikin kecewa. HERAN! “Oh, jadi selama ini ayah pergi hanya untuk menikah sama orang lain dan jadi ayah untuk anak orang lain?” BAGUSLAH. Aku gak perlu menganggep aku punya orang tua. Aku harusnya sadar sejak Mama pergi, disitulah aku yatim piatu. Aku ninggalin ayah gitu aja tanpa ngasih kesempatan buat dia ngejelasin. Terus aku nelpon ko Xafe “aku juara kelas lagi, TERESRAH raportku kau ambil atau engga!!!!”. Ternyata ko Xafe udah depan gerbang, ketemu sama ayah juga. Tapi aku pergi, berlalu, gak perduliin mereka. Ini Hari aneh, bener kayak sinetron. BITCH PLEASE, ini hidup gini banget.

            Naik ke kelas 3 IPA, balajarku mulai kendor lantaran aku lagi gethol bisnis MLM T****hi. Tiap hari aku ngefollow up orang tapi cuma dapet dikit. Ini gak segampang mengaruhin orang buat masuk kristen? (keahlianku). Semakin banyak downlineku, smeakin banyak pendapatanku. Tiap hari sibuk belajar sama cari downline, sampe temen di kelas agak risih. Semenjak aku ikut MLM, aku jadi rada idiot. Ngajak-ngajakin orang join. ANEH. Aku fokus sama pendapatan, fokus sama duit. Padahal aku udha kelas 3, iya ini usaha buat ngumpulin biaya buat kuliah. Inget, aku ga perlu berharap sama siapa-siapa. Berharap aja sama diri sendiri.

            Pernah aku pulang sampe jam 1 malem gara-gara ikut acara MLM. Pertemuan besar gitu. Dirumah, ko xafe sama ko dante udah nunggu mau ngehajar aku. Dipikir aku cewek gak bener pulang malem, buat hal yang engga-engga. Padahal aku udah ijin sama bude, tapi tetep aja. Aku gak dikasih kesempatan buat ngejelasin. Merek berdua, ngehajar aku, nemplokin kepalaku ke pintu. Percuma aku nangis gak akan bikin mereka berhenti ngehajar aku. Ini bukan pertama kali aku diperlakuin gini. Dulu waktu kelas 2 juga pernah. Aku disuruh ngewakilin sekolah ikut lomba Business Plan tingkat provinsi, alhasil aku begadang berhari-hari. Kebetulan komputer dirumah rusak. Akhirnya guru pembimbingku nyuruh aku buat ngerjain karya ilmiahnya dirumahnya. Pake komputernya. Hari H semakin deket, aku gak bisa ngontrol kerja kerasku buat ngerjain karya Ilmiah itu. Akhirnya aku pulang jam 12 malem dari rumah guru itu, Bu Helen. Sebelumnya aku meminta bu helen buat telpon ko Xafe dan bude. Buat ngeyakinin mereka, aku pulang agak malam karena ngerjain kepentingan lomba. Tapi tetep aja, sampe dirumah aku dihajar dua laki-laki yang kupikir mereka bisa ngertiin aku. AKU SANGAT BENCI KAKAK LAKI-LAKIKU. Apa mungkin aku benci laki-laki (yang kasar).

            Keesokan harinya aku gak boleh kesekolah, aku disuruh diem aja dikamar. Jelas aku berontak, aku musti nyerahin karya ilmiahku ke Panitia lomba malah gak boleh masuk sekolah, gak boleh keluar kamar. Rasanya kayak hidup ikut KOMPENI. Aku berharap ada yang melindungiku, tolonglah Tuhan berbuat sesuatu. Buru-buru aku ngendap-endap ngambil HP (pembelianku sendiri) yang disita ko Xafe. Lansung tanpa mandi aku pake seragam dan berngkat sekolah, itu juga lewat cendela (kayak di TV-TV) ~.~ swt banget kan?

            Parahnya lagi, pas aku lg belajar disekolah dijemput sama ko Xafe. Memalukan banget!!!! Untungnya bu Helen dan Pak Joni ngejelasin semuanya ke ko Xafe, jelas dia malu banget. Harusnya dia bangga punya adek kayak aku, bisa dipilih sekolah buat ngwakilin ikut lomba tingkat Provinsi, harusnya ngedukung. Mereka benar-benar bikin ko Xafe terpojok. Kupikir setelah dapet petuha dari kedua guru pembimbingku, ko Xafe sadar. Tapi sama aja, malah dia ngambek. Gak nyapa aku sama sekali.

Hari kompetisipun tiba, aku berharap hari ini aja ko Xafe ga nyela aku. Gak ngomong kata-kata yang ga enak didenger. Niatku buat pamitan sama dia, biar dia ngdoain aku pas lomba biar menang. Gak digubris T-T. Apa gak ada ya satu orangpun yang nyemangati aku. Dia gak perlu nganter aku ke dermaga/perjalanan ke tempat lomba. Aku bisa berangkat sendiri. Alhasil, aku menang juara I di kompetisi itu. “ternyata gak sia-sia aku di tonjok,” pikirku. Sepulangnya aku tunjukin piala sama hadiah duit itu ke ko Xafe, di speechless, dia bangga tapi dia jaim, aku tau itu. Kadang aku mikir, kenapa kakak-kakakku bahkan orangtuaku lebih milih manjain si somplak ‘ko hexa’ dari pada aku. Apa aku musti jadi berandalan juga biar mereka merhatiin aku. Sayangnya otak aku masih lempeng, jadi berandalan dan sampah masyarakat itu GELI, HINA, Menjijikkan. Tak apa ko Xafe gak manjain aku, yang penting aku gak jadi anak Mama yang nakal. Aku tahu Mama dan Kak Juni bangga sama aku.

Lulus SMA, aku masuk di Universitas Swasta terkenal di Surabaya. Syukurlah, dengan kemampuan akademikku aku dikasih beasiswa juga. Lebih WOW lagi aku masuk di IBM ‘International Business Management’ ini adalah prodi yang bertaraf internasional. Bayarnya aja pake dollar, bukan rupiah. Aku pikir, setelah lulus dan masuk kuliah. Aku bisa terbebas dari jerat Feby. Nyatanya engga, dia satu kampus sama aku. Dia suka banget sebar-sebarin HOAX, bilang hal-hal yang ga pernah kulakuin. Parahnya, dia pernah bilang sama anak-anak di kampus kalo aku pernah berhubungan badan sama seseorang, dan bla bla bla. Ih, aku gak sehina itu. Gak banyak bacot, aku cekekin dia. Eh dia ngadu sama ayah, katanya aku nyiksa dia kalo dikampus. Hahaha..... bitch please! Kalo ngebunuh itu gak dosa, udah aku pecahin kepala dia. Tapi aku inget, aku harus bisa jadi kebanggaan Mama dan kan Juni. Yaudah sabar aja, emang aku gak ngelakuin apa yang di tuduhin. Mending aku fokus belajar dan bekerja. Kerja apa aja aku jalanin. Dari operator telepon di Telecom, staf personalia di ekspedisi, guru privat, jualan kerajinan tangan, sampe ngajagain warnet orang aku lakuin. Jangan sampe aku punya waktu luang yang gak ngahasilin apa-apa. Aku tahan-tahanin kuliah disitu sampe akhirnya semester 3.

        Akhirnya aku mikirin, wah klo punya pacar asik ya. Aku kenalan sama cowok si ‘D’, awalnya isengin dia. Ngegodain biar dia GR gitu. Eh gak taunya aku yang suka beneran sama dia ~.~ (payah kalik). Akhirnya kami pacaran, tapi aneh pacarannya putus nyambung putus nyambung. Jujur sih, dia bukanlah tipeku. Dia gamers, gak ada waktu buat aku, selalu ngomong kasar/nyakitin aku, kadang pemabuk, tapi aku percaya dia orang yang sangat baik. Aku sangat berharap banyak sama dia.

            Dari situlah aku mulai baca-baca tafsir alquran. Cowok ini, pernah ngajarin aku doa kalo mau tidur biar dilindungi dan diberi mimpi yang indah sama Allah. Padahal aku masih kristen. Doanya kayak gini “bismikallahumma ahya wa amutu. Ammin”. Aku juga sering nyanyiin lagu pengantar dia tidur ~.~ “Tto Leu Leu”. Aku tahu suaraku lebih mirip pecahan beling, tapi dia selalu bilang suaraku bagus, makanya bikin dia tertidur. (ditelpon) *gak usha mikir yang aneh-aneh -__- tapi akhirnya putus juga. Jujur ya, aku gak pernah ngerasa sesayang itu sama cowok. Aku gak peduli apa keburukan dia. Aku yakin dia orang baik dan pasti bisa berubah. Dia juga sayang sama ayah-ibunya, aku kagum sama dia. Aku tau dia maen game juga biar dapet penghasilan. Aku berusaha selalu ngalah, biar dia marah dan  hina aku kayak gimana. Tapi tetap aja berakhir juga.

 ***

            Detik, menit, jam, hari, bulan. Aku mutusin untuk berhenti kuliah. Kayaknya makin mahal aja biaya kuliahnya. Aku kerja aja, kuliah bisa kulanjutin nanti setelah uangnya terkumpul. Aku gak bisa berharap ko Xafe bisa bantuin aku kan. Baik aku break dulu kuliahnya (maka beruntunglah hidup kalian yang lebih sempurna dari aku, dan bersyukurlah selalu!^^).

          Akhirnya aku kenal sama kak Ferdy, ketertarikanku sama Islam kian bertambah. Hampir tiap hari sebelum tidur aku baca tafsir Alquran. Aku deket sama kak Ferdy, dan pacaran ~.~)” dia itu terima aku apa adanya. Semua kesomplakanku diterima dengan lapang dada. Dia juga ngejelasin aku banyak hal tentang Islam. Dia itu sabar banget sama aku. Dia juga ga pernah ngomong kasar, selalu ngalah sama aku. Dan dia mandiri, lucu walaupun leluconnya kadang garing. Dia selalu nyemangatin aku. Hubunganku sama dia sangat baik.

                 Bulan Puasapun tiba, dia ngejalanin puasa. Dan aku juga nemenin dia, lagipula aku juga musti siapin makan sahur buat nenek, bude dan sepupuku. Otomatis aku ikut puasa juga, gak mungkin kan aku makna didepan mereka. Itu engga sopan. Akhirnya setelah ahari raya tahun 2011 kemaren. Aku mutusin buat masuk Islam. karena habis baca surat al-Ikhlas yang artinya Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan.Aku gak peduli biarpun dulu aku pernah mengkristenkan lebih dari 80 orang, iya aku terkutuk. Tapi aku yakin Allah pasti memaafkanku. Kak Ferdy juga selalu bilang, “Allah itu pemaaf. Kalo ada yang bikin bingung tentang Islam, selama aku bisa jawab, kamu tanyain ke aku ya? Kita belajar bareng.” Aku seneng dia bilang kayak gitu.

                Gak lama, ko xafe nyuruh aku bikin usaha warnet. Pake ruko dia yang lagi nganggur dan dimodalin sama dia (diutangin maksudnya). Alhamdulilah, usahanya lumayan. Ayahku juga sering dateng kesitu sama floren, adekku. Tapi aku cuekin ayah. Hanya ngomong sama floren. Sampe pada akhirnya tanggl 7 Desember 2011, pagi hari ayah telpon aku. Dia ngomong begitu banyak, “ Ayah gak tau gimana lagi cara ayah biar kamu gak ngehirauin ayah lagi. Ayah tahu kesalahan ayah, nyia-nyiain kamu. Ngebiarin kamu tumbuh tanpa ayah, padahal kamu anak yang manis, pinter. Tolong lanjutin kuliah kamu. Ayah akan biayain smuanya untuk nebus kesalahan ayah, kamu mau kuliah di luar negeri? Ayah akan urus semuanya. Tetaplah bikin ayah bangga. Ayah juga minta, tolong jaga diri kamu baik-baik. Menikahlah dengan lelaki yang baik untuk kamu, kamu udah banyak menderita. Saatnya kamu bahagia. Beri kesempatan untuk dirimu bahagia. Ayah gak pernah bisa jaga kamu dengan baik. Bahkan setelah ini. Ayah benar-benar minta maaf. Tolong biarkan ayah tenang.” Aku memotongnya biacara, “ ayah, aku sudah terbiasa tanpa ayah. Biarkan aku hidup dengan caraku sendiri. Aku gak seperti ayah, aku tau bagaimana menjalani hidup dengan benar, dan gak ngecewain orang yang disayangi. Aku udah maafin ayah, udah lama. Jadi maaf kalo hubungan kita terlalu kaku. Lupakan saja, yang penting ayah biasa bahagiain floren. Cuma itu. Baiklah ayah, aku sibuk musti urusin warnet. Mungkin lain kali kita ngobrol.” Siang harinya floren telpon, kalo ayah  meninggal. Aku shock banget, setelah aku ngomong yang nyakitin hati dia. Tapi yang bikin aku tenang, dia meninggal pas dia udah muslim. Alhamdulilah ya Allah.~

                 Gak lama aku pacaran sama kak Ferdi, kak ‘D’ muncul. Dan berharap bisa memperbaikin hubungan aku sama dia. Anehnya, aku gak bisa nolak. Sontan aku minta maaf sama kak Ferdi. Tapi, kak Ferdi gak pernah dendam sama aku sampai sekrang. Dia bener-bener orang yang sangat baik. Aku memulai hubunganku lagi sana Kak ‘D’, dia bilang “ aku akan lebih memperhatikanmu Aku minta maaf keslahanku dulu. Biarkan aku untuk bisa ngebagi waktu antara mencari penghasilan dan waktuku untukmu. Aku akan berusaha membuatmu bahagia.” Rasanya aku bahagia, ngedenger semua itu. Walaupun kenyataannya dia lebih banyak waktu ke temen-temennya/gamenya daripada aku. Aku sabar aja, lagian aku juga lagi nganggur waktu itu. Aku bener-bener jadi pengangguran. Biarpun aku temenin dia dia game. Gak seharian juga aku bisa berkomunikasi sama dia di game. Aku tahu dia butuh istirahat, atau ngerjain kerjaan dia.

             Aku ngerasa sendiri. Tapi game yang udah kukenal 2 tahun yang lalu ini juga yang ngetemuin aku sama sahabat yang baik kayak “HOCHIE”. Kupikir Hochie seumuran aku, habis ucapannya dia seperti orang dewasa. Maksudku dalam ngasih solusi, dia juga care. Ternyata waktu aku kenalan sama dia, dia kelas 6 SD (12 tahun) dan aku umur 19 tahun ~.~ jiah.... POOR VIVI. Tapi gakpapa, sampai sekarang dia jaid sahabat terbaikku. MAKASIH BANYAK HOCHIE :* cipok basah hochie sampe tumpeh-tumpeh ~.~

Lanjut lagi....

            Aku gak bisa nganggur terus, mau kasih makan nenek apa. Oiya sekilas aja ya, semenjak aku jadi Muallaf nenek aku sayang sama aku. Syukurlah, akhirnya nenek bisa nerima aku. Dan aku jadi deket sama nenek. Aku nyoba bikin lamaran kerja dimanapun yang kiranya HALAL, ditempat yang HALAL. Dua minggu aku nungguin akhirnya aku keterima kerja di fina jadi administrasi. kak ‘D’ juga ngasih semangat ke aku. Aku kerja Cuma jual loyalitas, profesional, kerja keras sama berusaha maksimal dan total. Tapi sesibuk apapun aku, kak ‘D’ selalu dipikiran aku. Mungkin dia agak ilfil, aku selalu protektif sama dia. Haha...

          Aktivitasku saat itu, tiap hari sebelum berangkat kerja. Aku bangun pagi, sholat, masak, mandiin nenek (waktu itu kesehatan nenek semakin buruk, jadi dia Cuma bisa tidur), nyuapin nenek dan baru deh siap-siap bernagkat kerja. Aku harus berbakti sama nenek, walaupun dia pernah jahat sama aku. Tapi kan dia orang tua. Siapa lagi cucu dia yang mau ngerawat dia. :D

             Dua bulan aku kerja disana, alahamdulilah diberi kemudahan untuk beradaptasi. Bahkan salah satu branch manager aku gak henti-hentinya muji aku. Karna kerjaku yang memuaskan. Sampai pada hari itu, ada acara dikantor. Jadi pulang lebih cepat. Udah feeling juga kali ya... pas pulang nenek, udah makin buruk keadaanya. Pas jam 2 siang, nenek meninggal :’( anehnya kak ‘D’ gak peka, bahkan dia ga tau aku sednag berduka. Dia sibuk sama kerjaan gamenya dia. Terus aku musti bertumpu sama siapa? Aku cuma cerita sama Hochie. Dia bener-bener temen baik. Selalu ada waktu buat aku.

           Sepeninggal nenek, aku dipromosikan di divisi yang lebih tinggi dikantor. Ada salah seorang Vice President yang ngasih kesempatan aku buat jadi staff tetap di divisi dia. Aku gak tau kalo bapak ini merhatiin kinerjaku, namanya pak Catur. Setelah 1 bulan aku kerja didivisi ini, aku dikasih masa promosi untuk jadi asisten dia. Kayak mimpi ketiban duren ~.~ aku ngalamar kerja pake ijasah SMA ngapa bisa se hoky ini? Iya, beliau suka pekerja yang loyalnya ga bisa dinilai dengan uang.

          Di proyek ini, aku dikasih kepercayaan buat mimpin pemaparan di Kota Malang. Udah latihan sebisa aku, dan aku udah siap. Malam harinya aku minta tolong sama kak ‘D’ biar ngebanguin aku jam 3 pagi, kan dia begadang. Biar aku gak ketinggalan kereta. Eh ternyata kak D lupa. Aku bangun pukul 4.30 pagi, jelas aja aku telat. Keretanya udah berangkat. Akhirnya aku nekat aja, ke Malang naek motor sendirian. Demi masa promosi aku jadi asmen. Aku ga tau, mungkin memang udah seharusnya. Pas di perempatan jalan protokol diperjalanan, ada mobil Fortuner yang nabrak aku dari belakang dengan kecepatan tinggi. Padahal posisinya lampu merah, artinya berhenti. Jadi dia kayak ngerem mendadak gitu soalnya, didepan ada kantor polisi. Otomatis aku sama motorku kepental ke depan, kakiku ketindihan motor. Untungnya gak ada kendaraan dari kiri jalan, coba kalo ada pasti aku udah mati. Selanjutnya, aku gak tahu apa yang terjadi kepalaku ngebentur aspal, untungnya, aku cuma pingsan. Cuma helmnya yang pecah, kepalaku engga. Alhamdulilah.

           Pas bangun gak taunya udah jam 2 pagi. Padahal aku berharap aku amnesia. (biar pas banget kayak di TV-TV gituh). Ada Pak catur. Aku heran kenapa dia yang jagain aku. Ternyata di Handphone, panggilan terakhirku nomornya Pak catur ~.~ makanya polisinya nghubungi pak catur. “Saya gak lulus promosi, pak. Maafkan saya, gara-gara saya proyek bapak gagal.” Pak catur tersenyum, “Saya tahu, kamu terlalu bersemangat. Lain kali kalo perjalanan jauh, jangan nekat. Perusahaan nyedian transport kerja untuk apa?” aku diam. “ siapa bilang proyek bapak gagal, investor secara mendadak mengubah skejul dari rencana. Kebetulan kamu kena musibah, masa promosi kamu dipernpanjang sampai proyek selanjutnya”, sambungnya. Aku ga tahu musti senang? Sementara kakiku retak, apa yang bisa kulakuin. Aku gak bisa jalan, gak bisa lompat-lompat lagi :’(

             Aku lirik Handphone, gak ada satu sms pun dari kak D. Gak nanyain keadaanku, oh ya mana tau dia. Kalo aku kecelakaan. Lagian tahupun mana peduli dia. Setelah pak catur pergi dan nyuruh aku istirahat. Aku ngerasa aku orang yang paling bodoh dan menyedihkan, bahkan orang yang aku harapkan gak peduli sama aku. Ya......menyedihkan. aku cuma bisa curhat sama hochie lewat sms/inbox fb.

             Keesokan harinya, aku udah buru-buru untuk pulang. Dua hari lagi ulang tahun kak D, harus harus ngasih kado buat dia. Aku janji bikinin dia kue. Pak catur ngomel, aku harus sembuh dulu, jalan aja aku musti pake krak, masih aja ngotot pulang. Tapi ya, akhirnya dikabulin sama pak catur. Aku pulang. Dia orang yang sangat baik, sosok bapak yang baik. Istri dan anak-anaknya juga baik, nganggep aku kayak bagian dari mereka.
Seperjalanan menuju rumah, aku minta buat turun nyari kado (aku bener-bener keras kepala). Berharap semoga dia suka. Sesampainya dirumah, aku istirahat sebentar. Aku lihat Hpku lagi, gak ada satu pun sms dari dia. Aku bingung, sebenernya apa arti aku buat dia? Aku bukan seperti pacarnya? Orang yang dia sayangi? Tega sekali dia ngelakuin ini ke aku? Tapi aku terus mikir, iya mungkin dia sibuk. Lagian dia gak tau, aku kena musibah. Kenapa dia gak pernah ada kalo aku sedang berduka ~.~)”. Aku ngehibur diriku. “Mending aku bikin kue buat dia.” Hahah... kayaknya kuenya bantat, aku kesulitan gerakin tangan sama kaki ~.~” jadi ngaduknya cuma sebentar, jadi adonannya gak ngembang :D “ah gakpapa, dia gak akan mati kalo makan kue ini. Yang penting aku udah berusaha,” pikirku.

            Setelah itu aku bungkus kado dan kue aneh itu lalu kukirimkan untuk dia. “Kalo gak enak, jangan dibuang ya. Aku susah payah bikinnya :D” pintaku. Besoknya aku coba hubungin dia, tetep kyk biasa dia sibuk. Siang harinya dia hubungin aku, bilang makasih. Aku senang sepertinya dia senang. Tapi dia balik kekesibukannya lagi. “Cuma itu?”, pikirku. Aku langsung sms orang itu dan meminta agar hubungan ini cepat berakhir. “Terima kasih banyak, udah banyak waktu buat aku!”. Dia Cuma bilang “YA”. Hahahah.... harusnya aku bisa membencinya lebih.
Bukankah kalo ngrasa sayang, harus mertahanin orang yang dia sayangi agar dapat terus disisinya dang mengerti dia. BITCH PLEASE, kenapa aku sangat tergantung sama pria seperti ini. Pernah aku mikir, “Oh baik, udha gak ada yang sayang ma aku ya. Mending aku mati.” Berbagai cara aku lakuin biar aku cepet mati. Dari minum obat sampe O.D. gak berhasil, soalnya berhasil diselametin sama Ibu (istrinya pak catur). Sampe pernah aku mikir mau gantung diri aja, tapi bingung ngegantungin itu tali dimana -__- dikamar kaga ada gantungan yang kuat. Kalo gantungannya gak kuat pasti aku gak jadi mati lagi. Akhirnya aku milih, ah yaudah lah ni hidup kan udah LIKE A CINEMA banget sekalian aja aku nyiletin nadi tangan. ~.~ Bodoh, sakit gak ya...sakit gak....  si Hochie smsin tiba-tiba.. “Tie, keadaanmu gimana!” gak kubales. Nelponin muluk, ini nomor yusi bukan si. Buset dah... kampret... kaga jadi dah gue bunuh diri. ~.~  aku masih punya hochie, biar jauh dia peduli sama aku. Mikuo juga, biarpun dia sering bilang nyet nyet ke aku dia ngehibur banget. Speechless lagi si Kak D nanyain apa aku baik-baik aja. APA PEDULIMU?????

             Emang aku jahat ya? Kok gini banget ni hidup, kadang aku mikir kayak gitu. Allah gak adil banget ngasih cobaan yang berat buat aku. ENGGA, Allah percaya sama aku makanya aku selau dipercaya buat nyelesein and ngelewatin masalah kayak gini. Gak tau kenapa, dari kejadian ini aku selalu berusaha menjadi muslimin yang KAFFAH. Aku yakin Allah ngerencanain hal yang indah di akhir hidupku nanti. Ammin. Mohon bimbingannya teman-teman agar aku bisa jadi manusia yang jauh lebih baik :’) Ammin

Pesan : Banggalah bagi kalian yang bisa leluasa memeluk islam sejak lahir, dan jangan penah sia-sian orang yang menyayangi kalian. Karena kalian sungguh lebih beruntung dari pada aku.



2 komentar:

pitalupita mengatakan...

mengharukan,,

Anonim mengatakan...

perfect dan inspirastif,
dilanjut storyX yach ;)

 

❤ yusichan ❤ かわいこちゃん ❤ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea